REVIEW: THE PRINCESS AND THE MATCHMAKER (2018): A Dramatic ,Hilarious and Heart-Melting Story About Marriage and Find A Love!

[ad_1]

“What do I live for if there’s no love?”- Princess Songhwa

Tujuan dari masa pacaran adalah pernikahan yang terjadi sekali seumur hidup. Banyak d-iantara kita di zaman sekarang yang sudah semakin canggih ini menggunakan aplikasi dating dimana kita tinggal menggeser ke kiri untuk orang yang kita sukai dan kanan untuk orang yang tidak kita sukai. Setelahnya tinggal menunggu orang yang akan menggeser foto kita ke kiri dan percakapan dapat segera dimulai di aplikasi yang sama. Akan tetapi, mereka yang mencari cinta tidak mempertimbangkan banyak faktor selain wajah yang tampan atau cantik,bukan? Tanpa terkecuali kita, apa yang kalian cari dari pasangan kalian jika kalian akan segera menikah?

Problematika tersebutlah yang menjadi inti konflik dari “The Princess and The Matchmaker” yang awalnya berjudul “Marital Harmony”. Film yang dirilis di Korea pada 28 Februari 2018 ini merupakan comeback dari aktor Lee Seung-gi setelah melaksanakan wamil yang berakhir pada akhir Oktober 2017. Selain menghadirkan Lee Seung-gi, film yang disutradarai oleh Hong Chang-pyo tersebut juga menghadirkan deretan cast jempolan seperti Shim Eun-kyung, Choi Woo-sik, Kang Min-hyuk yang merupakan drummer dari CNBLUE, Jo Bok-rae, Kim Sang-kyung, Yeon Woo-jin,Park Sun-young, Kim Do-yeop,Lee Han-seo dan menampilkan cameo atau special appearance dari Choi Minho (SHINEE) dan Park Jin-joo. CBI Pictures kembali dipercaya untuk mendistribusikan film ini tayang di Indonesia.

Joseon masa pemerintahan Raja Youngjoo tahun ke 29. Daerah sekitar istana mengalami musim kemarau yang sangat parah ditambah kekeringan yang membuat rakyat merasa menderita. Pihak istana mengajukan agar putri Songhwa segera dinikahkan dengan mempelai pria agar kemarau segera berakhir. Namun, Songhwa dikenal dengan julukan “Putri Pembawa Sial”. Akhirnya, pencarian calon suami untuk Songhwa dimulai dan menyusut menjadi 4 kandidat yakni Jo Yoo-sang, Kang-Hwi, Inspektur Yoon Sig-yeong yang tiga tahun lalu menolak menikah dengan Songhwa dan Nam Chi-ho. Keempatnya memiliki karakter yang berbeda-beda seperti Chi-ho yang hangat dan sopan, Kang-hwi yang penuh karisma dan Yoon Sig-yeong yang ambisius. Songhwa pun nekad keluar istana dan melihat langsung para kandidat calon suaminya tersebut dengan sang peramal istana, Seo Do-yoon mengikuti sang putri.

Apa yang ditemui Songhwa ketika berada di luar istana?

Siapa yang akhirnya dipilih oleh Songhwa untuk menjadi calon suaminya?

Apakah kekeringan yang melanda Joseon dapat teratasi dengan pernikahan tersebut?

Mengapa Songhwa dijuluki sebagai putri pembawa sial?

REVIEW:

Berdurasi 110 menit, “The Princess and The Matchmaker” memulai alurnya dengan cepat dan langsung menuju inti permasalahan dengan baik. Sutradara Hong Chang-pyo mengarahkan para cast dengan baik didukung sinematografi yang apik dari Lee Hyung-deok dan naskah yang ditulis Lee So-mi. Cerita yang tergolong biasa bahkan sudah pernah diangkat tersebut menjadi sebuah sajian yang beda dengan adanya intrik demi intrik dibalik pencarian jodoh untuk putri Songhwa. Kadar humornya cukup mengocok perut penonton terutama dengan akting Shim Eun-kyung yang memang jempolan ditambah Jo Bok-rae yang selalu bisa menghibur penonton ketika dirinya muncul di scene. Lelucon yang tergolong dewasa pun nampak sangat kocak disajikan dalam film ini. Intrik dan konfliknya sendiri cukup berjalan dramatis bak masuk ke sebuah rumah hantu yang mana tiap pintu menyembunyikan kejutan. Ya, hal itu akan dirasakan penonton selama menyaksikannya. Kadar romancenya sendiri? penonton wanita mana yang tidak melting melihat deretan oppa ganteng mulai dari Seung-gi, Woo-shik, Min-kyung ? Penonton wanita akan dimanjakan dengan beberapa adegan fan service dimana para oppa ini menunjukkan sedikit lekuk badannya yang berotot.

Semua cast berakting dengan baik namun kredit layak diberikan kepada Yeon Woo-jin sebagai Inspektur Yoon Sig-yeong. Diduga akan menjadi second leader yang tersia-siakan, Woo-jin membuat konflik dalam “The Princess and The Matchmaker” terlihat intens ditambah senyuman jahat dari Park Sun-young yang berperan sebagai Young-bin atau selir Young yang sudah membuat penonton gemas. Bagi yang mengharapkan adegan aksi, tenang saja, karena di film ini ada beberapa scene aksi yang akan memuaskan para fans Lee Seung-gi termasuk para kaum hawa.

Film ini juga tampak megah dengan adanya scoring musik yang digarap Kim Dong-gi. Score ala megahnya dinasti kerajaan nampak terasa disepanjang scene. Keberanian mengaitkan dengan realita tentang potret pernikahan yang miris dan berujung ketidakbahagiaan cukup menjadi sorotan dalam film ini. Cinta membutuhkan pengorbanan dan Cinta bisa membuat orang rela melakukan hal yang mereka tau itu adalah salah tetapi tetap dilakukan. Carilah pasangan yang menurut kalian bisa melihat diri kalian bukan sebagai orang lain, tetapi sebagai diri kalian sendiri dan raihlah kebahagiaan itu.

4 dari 5

 

[ad_2]

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *