REVIEW: HAJI BACKPACKER (2014) | Movie Xplorers

[ad_1]

Share Button

“Mbak, 27 tahun saya sholat, puasa gak pernah putus, berdoalah kamu maka doamu akan dikabulkan. Mana ?” – Mada

haji-backpacker-poster

Pada saat saya mulai menulis review ini, saya kembali mengingat masa-masa kelam saya ketika saya kecewa dengan Tuhan. Kata-kata seperti “Tuhan jahat”, “Tuhan tega” dan macam sebagainya selalu saja saya lontarkan setiap cobaan menerpan hidup saya. Saya yakin kalian pun juga pernah melakukan hal yang sama ketika kalian menghadapi cobaan yang berat dalam hidup kalian, bukan ?

Namun tahukah kalian, dibalik cobaan itu, justru disanalah Tuhan mengulurkan tangan-Nya , rindu kalian dekat pada-Nya sekaligus ingin melhat seberapa besar IMAN kalian pada-Nya. Falcon Pictures kembali merilis karya terbarunya dalam menyambut hari raya Idul Adha yang jatuh pada 5 Oktober 2014 berjudul “Haji Backpacker” dengan kembali menunjuk Danial Rifki yang juga sukses menyutraradai “La Tahzan” sebagai sutradara. Dibintangi aktor-aktris papan atas seperti Abimana Aryasatya, Dewi Sandra, Laura Basuki,Laudya Cynthia Bella, Ray Sahetapy, Pipik Dian Irawati (istri Alm.Uje), Kenes Andari, Dion Wiyoko, Dimas Argobie dan tidak ketinggalan Executive Producer Falcon Pictures, HB Naveen turut ambil bagian dalam film yang bersetting di 9 negara yakni Indonesia, Thailand, Vietnam, China, India, Tibet, Nepal, Iran dan Saudi Arabia.

Mengisahkan Mada, seorang pemuda yang merasa dikecewakan oleh Tuhan setelah Ibunya meninggal dan Sofia,kekasihnya melarikan diri di hari pernikahan mereka. Mada yang kesal memutuskan menjadi backpacker dan hidup dengan bebasnya.
Perjalanannya dimulai di Thailand ketika ia bertemu dengan seorang TKI bernama Maryati yang berprofesi sebagai pemijat, lalu beranjak ke China dimana Mada berjumpa denga gadis muslimah bernama Suchun, lalu perlahan-lahan, saat melewati negara-negara lainnya, ia mulai menyadari bahwa Tuhan telah menyiapkan sebuah rencana untuk Mada.

Apakah rencana Tuhan untuk Mada ?

Bagaimana perjalanan Mada dalam mencari jawaban atas rencana Tuhan tersebut ?

REVIEW :

Merupakan debut penyutradaraan kedua dari Danial Rifki setelah “La-Tahzan”, “Haji Backpacker” berhasil membuat saya terhenyak sekaligus menyentuh batin saya. Bagaimana tidak, plot dan tema yang disajikan terbilang universal untuk semua agama, bukan hanya kaum Muslim saja, saya yang Non-Muslim pun ikut merasakan efek dahsyat dari film yang cukup berani melakukan inovasi ini. Akting para pemain juga terbilang sangat baik seperti Abimana Aryasatya yang sukses memerankan Mada yang saya deskripsikan sebagai “bentuk kerapuhan manusia yang membenci dan menjauhi Tuhan”. Sikap dan arogansinya benar-benar cocok dengan mimik wajah dan ekspresinya. Laudya Chintya Bella yang berperan sebagai Marbel juga cukup membangun chemistry yang baik dengan Abimana, terutama setelah ia memberitahukan nama aslinya dengan logat Jawa yang medok, penonton ikut tertawa. Kredit bagi Laura Basuki yang berperan sebagai Suchun, ia mampu membawakan karakter ini dengan sangat baik terutama saat berdialog Mandarin. Film ini makin menyentuh dengan OST “Aku Pulang” yang dibawakan Dewi Sandra. Lirik dari lagu ini cukup menyayat batin , seperti menyuarakan kerinduan seorang manusia setelah masuk ke dalam jurang kegelapan lalu kembali pada Tuhan.

Overall, “Haji Backpacker” bukan mengenai Haji, namun lebih mengenai bagaimana kita menghadapi cobaan yang datang dalam hidup kita. Sanggupkah kita memperkuat IMAN kita ? atau justru kita akan kembali menyalahkan Tuhan atas apa yang telah terjadi dalam hidup kita ? Entahlah, kita tidak pernah tahu rencana Tuhan atas hidup kita,bukan ? Lebih baik ikuti saja apa rencana Tuhan bagi dirimu dan introspeksikan selama hidupmu, sudahkah kamu menemukan “Tuhan” di hatimu ? Sebab “Tidak ada kebahagiaan sejati selain kebahagiaan bersama Tuhan”.

9/10

“Haji Backpacker” tayang 2 Oktober 2014.

Share Button

[ad_2]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *