REVIEW: Guardians of the Galaxy (2014)

[ad_1]

Rhomann Dey: They call themselves the Guardians of the Galaxy.

Nova Corps Officer: What a bunch of a-holes.

url

Directed by James Gunn

Cast: Chris Pratt, Vin Diesel, Bradley Cooper, Zoe Saldana, Dave Bautista, Karen Gillan, John C. Reilly, Glenn Close, Benicio del Toro.

Synopsis:

Peter Quill (Chris Pratt) menjadi seorang buron setelah dirinya mencuri sebuah batu misterius yang selama ini diincar oleh Ronan, penjahat yang berambisi untuk menguasai seluruh alam semesta dengan bantuan batu tersebut.

 

Demi menghindari Ronan, Quill terjebak dalam sebuah petualangan dengan sebuah hewan eksperimen, Rocket Raccon (Bradley Cooper), sebuah tumbuhan humanoid, Groot (Vin Diesel), narapidana yang mengusung misi balas dendam kepada Ronan, Drax the destroyer (Dave Bautista) dan anak buah Ronan, Gamora (Zoe Saldana) yang awalnya diperintahkan untuk menangkap Quill.

Dan ketika Quill mengetahui kekuatan dari batu misterius tersebut, ia dihadapkan pada pilihan, memberikan batu tersebut kepada Ronan dan melihat dunia hancur atau melawan Ronan dan mempertahankan batu tersebut meski nyawanya menjadi taruhan.

Review:

ft_comicon_s_t_grd09_wt06_080613.090260_R

Sejak pertamakali rencana produksi film ‘Guardians of the Galaxy’ (GOTG) ini diumumkan, banyak kalangan, tidak hanya dari pembaca komiknya tapi juga para pecinta film-film produksi Marvel menjadikan film GOTG ini menjadi salah satu film yang paling ditunggu tahun ini.

Guardians_Of_The_Galaxy_NK_FINALCC_GRD26_ft_dom_t2_v25rev_wt6.088363

Dengan ekpekstasi yang begitu besar, banyak mata terus memantau perkembangan dari film ini. Tidak sedikit yang mempertanyakan keputusan rumah produksi Marvel Studios, Marvel Enterprises dan Moving Picture Company (MPC) saat mendapuk James Gunn sebagai sutradara. Pasalnya, James Gunn dinilai belum berpengalaman untuk membuat film dengan projek sebesar ini.

Guardians_Of_The_Galaxy_EST0758_comp_v006.1015

Pemilihan Chris Pratt sebagai pemeran utama juga banyak dipertanyakan oleh banyak pihak. Pratt dinilai belum memiliki CV yang cukup untuk memerankan sosok pemimpin dari the Guardians of the Galaxy. Ia lebih terkenal sebagai bintang televisi berkat serial ‘Parks and Recreation.’ Nama-nama Zoe Saldana, Bradley Cooper dan Vin Diesel dalam film ini sepertinya dipilih selain untuk mengangkat ketertarikan penonton pergi ke bioskop dan membayar tiket, selain juga untuk menutup nama Chris Pratt yang memang belum setenar nama-nama diatas.

TRB0400_comp_v193.2071_R

Namun ketika menyaksikan film ini, semua pandangan pesimis di atas hilang begitu saja setelah saya keluar dari gedung bioskop. Sepuluh menit pertama film ini benar-benar meng-hook saya. Meski dibuka dengan adegan duka, namun tidak lama setelah itu, adegan di-twist saat Peter Quill berjalan sambil berdansa (dengan soundtrack yang luar biasa catchy dari lagu berjudul “Come And Get Your Love” oleh Redbone) dalam sebuah misi mencuri sebuah batu misterius, benar-benar memorable.

Guardians_Of_The_Galaxy_FT-07933_R

James Gunn pun sadar betul bagaimana memanfaatkan sebuah shot dan menggabungkannya dengan coloring animasi film ini untuk menciptakan sebuah visual yang indah. Beberapa shot di film ini benar-benar memukau mata penonton. Bayangkan sebuah shot dengan sebuah latar hitam di hamparan jagatraya dengan kerlipan bintang warna putih, ditambah campuran hijau, jingga, sedikit kekuningan, luar biasa indah.

Guardians_Of_The_Galaxy_NOM1350_comp_v488_grade.1314

Chris Pratt yang sebelumnya diragukan banyak kalangan saat dipilih menjadi pemeran utama ternyata membalikkan keraguan itu dengan bermain santai dan membuat Peter Quill memang tercipta untuknya. Meski ada beberapa gestur yang ia tampilkan dalam beberapa adegan tidak lepas dari perannya di serial ‘Parks and Recreation.’ Meski secara cerita tidak ada yang istimewa, namun bagaimana James Gunn mengemas semua plot sedih, romantis, menegangkan dalam porsi yang pas membuat kemasan film ini tetap terasa istimewa. Beberapa dialog candaan ala Gunn di film ini ditambah dengan chemistry pemain antara Chris Pratt, Zoe Saldana, Bradley Cooper, Dave Bautista dan Vin Diesel pun membuat film ini menjadi lebih hidup dan tidak membuat GOTG terjebak dalam suasana yang terlalu serius.

Guardians_Of_The_Galaxy_NK_FINALCC_GRD26_ft_dom_t2_v25rev_wt6.088923

Belum lagi pemilihan soundtrack yang diisi oleh beberapa penyanyi dan band yang angkat nama di era 1970-an hingga 1980-an mulai dari Blue Swede, Raspberries, Marvin Gaye, David Bowie hingga Jackson 5 membuat adegan-adegan dalam film GOTG ini semakin hidup. Sungguh aneh bagaimana visual dengan set masa depan bisa nge-blend dengan sound synthetizer khas musik tahun 1980-an. Mungkin hanya James Gunn yang bisa melakukan hal itu.

Guardians_Of_The_Galaxy_FBA0680_comp_v192.1011_R

Shot yang dirancang dengan sangat indah, lelucon dari setiap karakternya yang tidak garing, soundtrack yang memorable, plot yang tidak berlebihan, apalagi yang dibutuhkan untuk sebuah film menghibur tahun ini, ‘Guardians of the Galaxy.’ Saya bisa bilang kalau film ini adalah FILM PALING MENGHIBUR TAHUN INI! (gtr)

 

RATING: 9/10

[ad_2]

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *