REVIEW: EXIT (2019): Heart-Pumping yet Dramatic Action Disaster That Still Chill The Tension of The Thrill!

[ad_1]

“What’s with everyone tell it’ll worked out for me?”- Lee Yong-nam

Hal paling menantang dalam hidup setelah tamat dari tingkat universitas adalah mencari pekerjaan. Banyak orang menganggap ini adalah “bencana” bagi mereka terutama mereka yang sama sekali tidak berniat meneruskannya. Hal ini tentu akan memancing pembicaraan ketika sanak keluarga bertanya kepada kita: “Kamu sudah kerja apa?” Nah, bagaimana jika kita ada di posisi itu namun kita dihadapkan pada sesuatu yang lebih besar ketimbang menjadi pengangguran?

Dari produser Ryoo Seung-wan ( The Battleship Island,Veteran) dan sutradara Lee Sang-geun ( The Trap’s Holiday), inilah film yang tengah menjadi perbincangan di Korea, Exit. Dirilis bersamaan dengan The Divine Fury yang kini sedang tayang di bioskop Indonesia, Exit berhasil meraih jumlah penonton yang lebih banyak dari The Divine Fury. Terhitung saat review ini ditulis, Exit sudah meraih 6,989,459 per 16 Agustus 2019 dari data milik KOFIC (Korean Film Council) dan KoBiz (Korean Film Biz Zone). Yang mengejutkan, rekor 6 juta penonton ini diraih hanya dalam waktu 2 minggu saja setelah perilisannya pada 31 Juli 2019. EXIT menghadirkan Cho Jung-seok, YoonA “Girls Generations/SNSD”, Ko Du-Shim, Park In-Hwan, Kim Ji-young, Hwang Hyo-eun, Lee Bong-ryun, Bae Yoo-ram, Yoo Su-bin, Lee Dong-hwi, Kang Ki-young, Kim Jong-goo, Kim Byung-soon, Jung Min-sung, Park Sung-ii, Shin Se-hwi, Kim Kang-hoon, Oh Hee-joon. EXIT akan didistribusikan oleh CB International Pictures dan akan mulai tayang di Indonesia pada 21 Agustus 2019.

Lee Yong-nam adalah seorang pria yang tengah mengalami nasib buruk. Bagaimana tidak, Ia belum juga mendapat pekerjaan sama sekali sampai masih harus tinggal bersama kedua orangtuanya yang membuat Jung-hyun, kakak pertamanya yang telah menikah merasa kesal dengan Yong-nam. Ketika tiba hari ulangtahun Kim Hyun-ok, ibunya, Yong-nam meminta acara ultah ke 70 ibunya dirayakan di Dream Garden Restaurant yang ternyata merupakan tempat Eui-joo, adik kelasnya bekerja sebagai Assistant Manager. Kebahagiaan perayaan ulangtahun Hyun-ok tiba-tiba berubah menjadi kepanikan ketika Korea diselimuti oleh gas beracun yang bisa membakar kulit dan merusak paru-paru. Yong-nam yang merupakan anggota klub panjat tebing semasa kuliahnya kini harus menggunakan kemampuannya tersebut demi menyelamatkan keluarga besarnya dan juga Eui-joo dari gas beracun tersebut sebelum seluruh gedung di Korea tertutup oleh gas berbahaya tersebut.

Berasal darimanakah gas beracun tersebut?

Bagaimana aksi Yong-nam dan Eui-joo dalam menyelamatkan diri mereka dari ancaman bencana tersebut?

Apakah seluruh keluarga besar Yong-nam selamat dari bencana itu?

REVIEW:

Apakah masih terlambat bagi kita menikmati kejutan dari Korea setelah “Parasite” yang hypenya cukup besar di Indonesia? jawabannya tentu tidak. Exit adalah kejutan lainnya yang masih mengangkat isu-isu sosial dan kemanusiaan. Lee Sang-geun sebagai penulis naskahnya berhasil menyajikan cerita yang tidak tumpang tindih dimana kadar komedi dan aksinya sama-sama berimbang. Bahkan adegan komedinya seakan mencairkan ketegangan ditengah-tengah adegan aksi tersebut. Narasinya sendiri tidak berbelit-belit, langsung mengajak penonton berkenalan dengan Yong-nam, keluarganya dan apa hubungan antara dia dengan Eui-joo. Adegan aksi di dalam Exit terlihat membuat penonton merasa sesak, jantung berdebar ,merasa ngeri hingga menarik nafas. Hal itu didukung Cinematographer Kim II-yeon yang mengambil angle bagaimana keadaan Korea setelah terselimuti oleh gas tersebut. Angle kamera yang terkadang mengarah kebawah atau daratan dijamin bakal membuat jantung berdebar. Tidak hanya itu saja, adegan-adegan ketika Yong-nam dan Eui-joo berjuang keluar dari bencana juga tervisualkan dengan dramatis namun masih tetap mengandung unsur komedi. YoonA “SNSD” yang mendapat peran utama pertamanya dalam film ini sampai harus menjalani latihan panjat tebing selama 6 bulan dan hasilnya, YoonA sebagai Eui-joo tampil menggemaskan sekaligus membuat para fansnya akan berteriak.

YoonA juga berhasil menjalin chemistry yang baik dengan Cho Jung-seok terlebih dalam scene yang menampilkan keduanya, penonton akan melihat betapa imut dan badassnya pasangan ini. Bae Yoo-ram dan Yoo Su-bin juga sedikit mencuri highlight disatu scene yang bakal membuat penonton tertawa terbahak-bahak melihat ulah mereka. Dimana ada protagonis, disitu ada antagonis. Kang Ki-young yang memerankan manager dari Dream Garden Restaurant cukup menyebalkan terlebih dengan sifatnya yang terkesan egois. Di satu scene, EXIT juga menyinggung tentang realita dalam konflik yang menimbulkan dilema bagi Yong-nam dan Eui-joo. Meskipun resolusi dan klimaksnya berakhir dengan biasa saja, EXIT sudah berhasil menjadi pemacu adrenalin yang tiap scenenya bakal membuat penonton akan merasakan atmosfir dalam filmnya. Nikmati End Credit dengan lagu “SUPER HERO” dari Lee Sung Hwan yang merupakan OST dari Evasive Inquiry Agency yang berbeda karena aransemennya memang khusus digunakan untuk film ini. Dijamin membangkitkan semangat. Bagi yang punya Acrophobia (fobia ketinggian) diharapkan tidak menyaksikan film ini ya. Film ini juga memberikan ilmu kepada penonton tentang bagaimana menghadapi situasi ditengah bencana dan meminta pertolongan.

4 dari 5.

[ad_2]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *