Protagonis, Antagonis, dan Sebutan Peran Dalam Film Lainnya

[ad_1]

Share Button

Sebuah film memiliki beraneka ragam karakter yang saling melengkapi satu sama lainnya sehingga bisa memberikan konflik, alur, serta perkembangan cerita seperti yang diinginkan pembuat kisah. Meskipun pada perkembangannya banyak juga film yang hanya menampilkan satu atau dua karakter saja sepanjang durasi.

Pada dasarnya sebuah kisah akan memiliki 2 jenis karakter. Protagonist dan Antagonist. Atau bahasa awamnya jagoan dan penjahat. Namun dengan banyaknya aneka macam karakter yang ditampilkan dalam sebuah sajian film, semakin banyak pula jenis- jenis peran yang dimainkan oleh setiap karakternya. Seperti Sidekick, Deuteragonist, dan Tritagonist.

Protagonist

Protagonist adalah sebuah karakter yang menjadi pusat di mana kisah tersebut akan berputar. Pada dasarnya protagonist adalah jagoan utama.

 

Antagonist

Antagonist adalah karakter jahat utama atau sebuah karakter yang tingkah lakunya menyulitkan atau menimbulkan masalah bagi cerita dan berada pada sisi yang berseberangan dengan Protagonist.

 

Sidekick

Sidekick adalah seorang karakter yang diciptakan untuk membantu atau melengkapi karakter utama. Biasanya di sebagian porsi kehadirannya, sidekick selalu mendampingi karakter Protagonist.

 

Deuteragonist

Deuteragonist merupakan karakter penting kedua setelah Protagonist. Keberadaan karakter Deuteragonist bisa membantu ataupun menyusahkan karakter protagonist. Dalam banyak kasus yang memposisikan karakter deuteragonist sama dengan karakter sidekick. Sebenarnya jika ditelaah lagi, karakter Sidekick bisa didefinisikan sebagai bagian dari karakter Deuteragonist.

 

Tritagonist

Tritagonist adalah karakter dengan level kepentingan ketiga di dalam sebuah cerita. Sama halnya dengan karakter Deuteragonist, karakter Tritagonist bisa membantu ataupun malah menjadi oposisi karakter Protagonist.

 

Dalam sebuah franchise film, bisa jadi suatu karakter dalam seri pertama memiliki peran yang berbeda dengan karakternya dalam jilid kedua.

Untuk lebih jelasnya, saya coba berikan contoh dari beberapa franchise berikut:

STAR WARS FRANCHISE

Dalam episode 4-5, Darth Vader menjadi karakter Antagonist, sebelum akhirnya menjadi karakter Protagonist di episode 1-3.

Luke Skywalker adalah karakter Protagonist di episode 4-5

Hans Solo dan Princess Leia bisa dikatakan merupakan karakter Deuteragonsit.

Chewbacca merupakan karakter Tritagonist dan juga bisa dikatakan sebagai Sidekick bagi karakter Hans Solo.

Yoda merupakan karakter Tritagonist.

 

TOY STORY FRANCHISE

Woody sudah jelas adalah Protagonist utama.

Buzz merupakan karakter Deuteragonist.

Jessie merupakan karakter Tritagonist.

Andy merupakan karakter Tritagonist.

 

(dnf)

 

 

 

 

Share Button

[ad_2]

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *