10 Hal Yang Belum Kamu Ketahui Tentang Spider-Man

[ad_1]

Share Button

 

Spiderman-Comic-4

Spider-Man bisa dikatakan adalah karakter paling populer dari Marvel Comics. Karakterisasi yang cukup membumi serta ceplosan- ceplosan lucu membuat karakter ini tetap eksis selama lebih dari 40 tahun. Bahkan saking suksesnya, banyak yang mengharapkan karakter ini, dan juga Wolverine, untuk masuk ke dalam Marvel Cinematic Universe. Namun tentu saja karena terbentur masalah pemegang lisensi, maka hal itu sangatlah mustahil untuk terjadi.

Saya tidak akan menceritakan panjang lebar bagaimana asal- usul Peter Parker bisa menjadi sang Webslinger. Namun saya tertarik untuk menuliskan 10 Trivia tentang karakter yang memiliki julukan Friendly Neighborhood ini sehubungan dengan akan tayangnya film terbarunya, The Amazing Spider-Man 2.

 

1. Sama halnya dengan Batman, Spider- Men merupakan karakter superhero yang memiliki karakter- karakter penjahat sangat banyak dan populer. Jika kebanyakan superhero hanya memiliki satu- dua karakter penjahat populer, Spider- Man memiliki segudang karakter penjahat yang, bahkan, memiliki fanbase tersendiri. Jadi seandainya mau dibuat seri ke-10 pun, pihak produser tidak akan kehabisan stock penjahatnya.

spidey_entanglement_theory_lo

 

2. Spider- Man bisa dikatakan adalah karakter superhero remaja pertama yang awal kemunculannya bukan menjadi seorang sidekick. Pada era tersebut, memang untuk menarik minat remaja, banyak diciptakan karakter superhero remaja, namun belum dipercaya untuk berpetualang secara solo di awal kemunculannya. Sebut saja Bucky dan seabreg anggota Teen Titans.

buckyspidey

 

3. Banyak yang tidak tahu, sebelum jadi pembasmi kejahatan, Spider-Man berprofesi sebagai bintang TV. Ketika pertama kali mendapatkan kekuatannya, Peter menggunakannya untuk melawan pegulat Crusher Hogan. Penonton yang begitu kagum melihat orang tidak dikenal bisa mengangkat dan mengalahkan pegulat yang berpostur jauh lebih besar daripadanya. Karenanya, Peter didekati seorang pencari bakat TV bernama Max.

Peter kemudian menciptakan baju yang keren dan menyebut dirinya sebagai Spider- Man. Dan untuk beberapa lama dia membintangi talk show dan acara- acara spesial TV lainnya. Dia mempertunjukan kebolehannya dalam mengangkat mobil dan memanjat tembok serta langit- langit tanpa bantuan alat apapun. Meskipun banyak yang menyangka, Peter adalah seorang pesulap.

Sampai suatu saat ketika pulang dari stasiun TV, Peter berpapasan dengan seorang pencuri. Merasa dirinya adalah seorang superstar dan bukan seorang satpam, Peter tidak berbuat apa- apa. Sampai beberapa bulan kemudian, sang paman terbunuh oleh pencuri tersebut.

Ditko-Red-and-Black-Spidey-TV

 

4. Salah satu event terbesar dalam saga Spider-Man adalah kematian true love pertamanya, Gwen Stacy. Banyak yang mencurigai kalau kematian sang kekasih sebenarnya berada di tangan sang Spidey itu sendiri. Tanpa disengaja tentunya.

Dalam komik Amazing Spider- Man #121 yang diterbitkan tahun 1973, Green Goblin melempar Gwen Stacy dari atas jembatan George Washington. Spidey dengan sigap menangkap Gwen dengan menggunakan jaringnya. Ketika ditarik ke atas, Spidey mengetahui bahwa Gwen sudah meninggal. Banyak yang mencurigai, termasuk Spidey sendiri, bahwa sebenarnya kematian Gwen disebabkan oleh patah leher akibat berhenti mendadak ketika jaring laba- laba menangkapnya.

Anyway, sebenarnya TKP nya juga bukan George Washington Bridge. Namun Brooklyn Bridge. Kekeliruan ini terjadi akibat miskomunikasi dalam pembuatan komik tersebut.

108454-191425-the-death-of-gwen-st

 

5. Aslinya, jaring laba- laba yang dipakai oleh Spidey dihasilkan oleh sepasang Web Shooter. Web Shooter adalah sepasang gelang logam yang dipakai Peter dan apabila diberi tekanan sebesar 65 Pound di tombolnya akan mengeluarkan sejenis cairan yang bisa menciptakan semacam jaring laba- laba. Webshooter sendiri dipercaya merupakan penemuan Peter Parker yang terbaik.

1567601-shooters

 

Namun pada awal 90-an ketika film Spider- Man akan digarap oleh sutradara James Cameron, muncul ide untuk merubah Web Shooter dari Mechanic menjadi Organic. Hal ini didasari dengan ketidak mungkinan seorang remaja biasa- biasa saja yang kesulitan ekonomi mampu memproduksi sebuah alat yang sudah pasti akan membutuhkan biaya sangat mahal. Ketika produksi film tersebut putus di tengah jalan dan James Cameron akhirnya sibuk dengan proyek lainnya, ide tersebut akhirnya dipakai oleh Sam Raimi.

Bagi saya pribadi saya lebih suka Organic Web Shooter, karena lebih cool dan sudah pasti tidak akan pernah habis. Namun kalau kita telaah, sebenarnya laba- laba tidak memproduksi jaring dari salah satu kakinya. Namun dari pantatnya. Jadi seharusnya Peter Parker mengeluarkan jaringnya dari pantat. Tapi jadi gak keren ya kalau bayangin Spidey kentutin Green Goblin buat ngeluarin jaring.

spiderman_web

 

6. Sebuah Production House asal Jepang, Toei Corporation, pernah membuat serial Spider- Man sebanyak 41 episode yang ditayangkan dari tanggal 17 Mei 1978 sampai 14 Maret 1979.

Cerita ini diawali dengan sang tokoh utama yang bernama Takuya Yamashiro yang menemukan UFO mendarat di bumi. Ternyata UFO tersebut adalah sebuah kapal perang dari planet Spider yang bernama Marveller. Ayah Takuya, Dr. Hiroshi Yamashiro, seorang arkeolog luar angkasa tewas terbunuh ketika sedang menyelidiki kasus ini. Hal ini menarik perhatian Professor Monster dan pasukan Iron Cross Army-nya yang ingin menguasai alam semesta. Takuya akhirnya bertemu dengan Garia, satu- satunya penduduk planet Spider yang selamat sebelum dibasmi oleh Professor Monster.  Garia akhirnya meminta Takuya untuk melanjutkan tugasnya membunuh Professor Monster. Garia kemudian menyuntikkan darahnya ke dalam tubuh Takuya. Reaksi pertemuan dua darah berbeda spesies tersebut membuat Takuya memiliki kekuatan seperti laba- laba. Garia pun memberikan Takuya sebuah gelang yang dapat mengeluarkan kostum pelindung, menembakkan jaring laba- laba, serta mengontrol kapal Marveller yang dapat berubah menjadi sebuah robot bernama Leopardon.

Meskipun banyak yang tidak suka karena ketidaksesuaian dengan sumber aslinya, namun Stan Lee memuji serial ini. Disamping stunt man dan special effect yang digunakan, gerakan yang digunakan oleh sang tokoh utama sangat mirip dengan seekor laba- laba.

1237946243519

 

7. Peter Parker mendapatkan nafkah dengan cara menjual foto- foto Spider- Man ke Daily Bugle. Peter sengaja membawa kameranya ke setiap aksi Spider- Man dan memasangnya di tempat yang strategis. Setiap foto yang dihasilkan menempatkan sosok Spider- Man di tengah- tengah gambar. Kenapa bisa begitu? Karena Peter menggunakan semacam sensor yang akan mengaktifkan trigger kamera ketika lewat di depan lensa.

Spidey-Camera-Trigger

 

8. Seperti saya bilang di awal artikel, Spider- Man merupakan karakter Marvel terpopuler dan memiliki fans paling banyak. Padahal Spider- Man hampir saja tidak jadi dibuat. Pada awalnya seorang petinggi Marvel pada saat itu, Martin Goodman, merasa bahwa banyak orang yang akan membenci karakter ini. Hanya karena satu alasan: Manusia Takut Laba- Laba.

1164428-spidermancomics

 

9. Salah satu bahan perdebatan yang cukup hebat di saga Spider- Man adalah storyline Spider- Clone Saga di tahun 1990-an. Setelah cerita yang sangat panjang dan memusingkan tentang kloning- kloning sang Web Head, akhirnya para pembaca dihadapkan pada sebuah kenyataan. Salah satu kloningan Spider- Man yang bernama Ben Reilly (Scarlet Spider), ternyata adalah Spider- Man yang asli. Sementara Peter Parker adalah hasil klon. Para pembaca akhirnya banyak yang tidak suka akan keputusan ini. Sebagian tidak suka karena terlalu pusing. Sebagian lagi tidak suka karena merasa dibohongi selama 3 dekade mengikuti kisah Spider- Man, ternyata Peter Parker bukan Spider- Man asli.

Menanggapi kekecewaan ini, akhirnya para petinggi Marvel memutuskan untuk memperbaikinya dengan menceritakan bahwa hal membingungkan tersebut adalah trik busuk dari Green Goblin. Dan Peter Parker memang Spider- Man yang asli.

url

 

10. Ketika mendengar bahwa presiden Barrack Obama merupaka fans Spider- Man, pihak Marvel memanfaatkan momentum ini dengan memunculkan sang presiden di komik Amazing Spider- Man #583 yang terbit di tahun 2009. Keduanya berkolaborasi untuk menghentikan rencana jahat The Chameleon.

2009-01-08-spideyobama1

 

(dnf)

Share Button



[ad_2]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *