REVIEW: WIDOWS (2018): A Solid Heist Thriller That Gone Wrong, Done Right And Full of Twists !

REVIEW: WIDOWS (2018): A Solid Heist Thriller That Gone Wrong, Done Right And Full of Twists !

0 Shares

“Because no one thinks we have the balls to pull this off.”- Veronica Rawlings

Dalam hidup berkeluarga, sudah hal yang umum bahwa suami harus menafkahi istri dan anaknya. Tidak peduli entah hasilnya dari pekerjaan halal atua bukan, yang terpenting bagi para suami adalah keluarga mereka dapat hidup bahagia. Namun, ketika sang suami terlibat masalah yang besar sampai merenggut nyawanya, otomatis beban ada di pundak para wanita selaku istri atau janda (jika sudah tidak memiliki suami lagi,red.). Akankah nasib wanita sebagai sang istri terus diam ? Atau justru mereka harus melakukan sesuatu?

Pasca sukses dengan “12 Years A Slave” (2012) yang mengantarkannya meraih Academy Awards, sutradara Steve McQueen akhirnya kembali lagi dengan karya terbarunya di tahun 2018 ini. Kali ini, McQueen membuat sebuah thriller bertema heist/pencurian dengan judul “Widows” yang merupakan adaptasi dari serial iTV yang digarap Lynda La Plante. Film ini juga menjadi yang kedua kalinya bagia Gillian Flynn , pengarang novel “Gone Girl” sebagai penulis naskahnya bersama dengan McQueen. “Widows” menghadirkan cast-cast yang sudah tidak asing lagi seperti Viola Davis, Michelle Rodriguez, Elizabeth Debicki, Cynthia Erivo, Bryan Tyree Henry, Daniel Kaluuya, Colin Farrell, Robert Duvall, Jon Bernthal,  Lucas Haas, Jacki Weaver, Carrie Coon, Garret Dillahunt, Manuel Garcia-Rulfo, Coburn Goss, Molly Kunz, Michael Harney, cameo dari pemeran serialnya, Ann Mitchell dan Liam Neeson. Film ini melakukan World Premierenya dalam ajang TIFF (Toronto International Film Festival) pada 8 September 2018 lalu dirilis di UK/Inggris Raya pada 6 November 2018 dan Amerika pada 16 November 2018. Untuk Indonesia sendiri akan dirilis pada 7 Desember 2018.

Bersetting tahun 2008 di Chicago yang temporer, semua dimulai ketika Harry Rawlings, Carlos Perelli, Florek Gunner, dan Jimmy Nunn melakukan sebuah perampokan di malam hari. Naas, keempatnya dinyatakan tewas setelah terkepung oleh polisi setempat. Veronica Rawlings, istri dari Harry mendadak diteror oleh Jamal Mannings, seorang politikus yang tengah bersaing dengan Jack Mulligan dalam Pemilu Dewan Umum Wilayah ke 18. Jamal menduga Harry membawa uangnya yang bernilai dua juta dollar dan meminta pertanggungjawaban Veronica. Setali tiga uang, Linda Perelli dan Alice Gunner yang merupakan istri dari Carlos dan Florek juga mengalami masalah besar. Akhirnya, mereka bertiga berniat melakukan perampokan yang bernilai lima juta dollar dari peninggalan Harry bersama babysitter atau pengasuh anak-anak Linda, Belle. Namun hal tersebut tidak mudah sebab Jatemme Mannnings, saudara dari Jamal juga mengincar uang tersebut.

Rumah siapa yang sebenarnya menjadi target mereka ?

Apakah Veronica dapat mengembalikan uang yang diambil Harry dan komplotannya kepada Jamal?

Mengapa Jatemme juga menginginkan uang tersebut?

REVIEW:

Berdurasi 129 menit, “Widows” dibuka dengan sebuah sekuens aksi yang tidak tanggung-tanggung memberikan ketegangan. Coloring filmnya yang kelam dengan setting kota Chicago yang memang memiliki riwayat kriminal tersebut menyatu dengan baik di tangan Sean Bobbitt selaku Cinematographer. Steve McQueen dan Gillian Flynn benar-benar membuat sebuah naskah cerita yang sebenarnya simple tetapi mampu memberikan ketegangan dan twist di sepanjang film berlangsung. Tidak hanya itu saja, McQueen memperlihatkan Diversity/keanekaragaman dari pemilihan para castnya. Hal tersebut menjadikan “Widows” sangat solid terutama dari segi para pemainnya. Viola Davis yang memerankan Veronica benar-benar menguras emosi penonton mulai dari awal scene dimana Ia melampiaskan emosinya sampai ketika berhadapan dengan Elizabeth Debicki, yang juga menampilkan akting gemilang sebagai Alice Gunner. Namun sorotan tertuju kepada dua nama, Daniel Kaluuya dan Cynthia Erivo. Kaluuya berhasil memerankan sosok Jatemme Mannings dengan sangat baik. Watak tengil sebagai antagonis dengan tatapan mata yang tidak kenal ampun setiap bertemu orang berhasil dilakukannya dengan “dingin” dan tanpa kompromi berhasil menebar aura ketakutan kepada penonton. Sementara Erivo, yang melakukan debutnya dalam “Bad Times at The El Royale” tampil sangat berbeda ketimbang dalam film debutnya tersebut. Erivo memperlihatkan kualitas akting yang makin matang sebagai Belle yang menunjukkan ketangguhan seorang wanita dalam menjalani hidup dan siap dengan semuanya.

Kehadiran Colin Farrell semakin menambah pelik konflik dalam “Widows”. Steve McQueen berhasil membuat koneksi thriller heist ini  dengan latar belakang politik yang sedang memanas. Dan disini , apa yang terjadi dalam politik benar-benar diperlihatkan secara gamblang oleh McQueen dan Farrell sebagai Jack Mulligan memeberikan performa akting yang menawan bersama Robert Duvall yang memerankan ayah Jack, Tom Mulligan. Sementara Liam Neeson menjadi sosok kunci menjelang akhir film dengan “twist” yang dibuatnya sebagai Harry Rawlings. Neeson juga memperlihatkan emosi sebagai seorang suami yang terlihat desperate dengan keadaan yang memang banyak terjadi di kehidupan nyata. Scoring yang digarap oleh Hans Zimme pun jangan ditanya lagi, menambah tensi dan ketegangan terutama saat scene heistnya berlangsung. Pencairan suasana antara Veronica, Alice dan Linda pun juga berjalan dengan baik. Ketiga janda ini benar-benar memperlihatkan kekikukannya terlihat dari komedi yang diperlihatkan Davis, Rodriguez dan Debicki. Tidak lupa juga, penonton yang merindukan sosok Olivia, anjing dalam “Game Night” (2018) juga dapat melihat kembali kehadirannya sebagai anjing yang dipelihara oleh Veronica.

Tidak perlu diragukan lagi, “Widows” adalah sebuah thriller bertema heist/ pencurian yang berlatar politik dengan twist yang siap mengejutkan penonton dengan dramatis dan dibantu dengan solidnya performa para cast juga kolaborasi mematikan dari Steve McQueen, Gillian Flynn dan Hans Zimmer.

5 dari 5

 

0 Shares

Written by Shadow

Ordinary College Student, Anime Freak, Movie is my Passion