REVIEW: THE COMMUTER (2018): A Fast-Paced Thrilling Action With Shocking Twist !

REVIEW: THE COMMUTER (2018): A Fast-Paced Thrilling Action With Shocking Twist !

“There will be a reward. Don’t leave the train before finding them. Don’t tell anyone about this offer.”-Joanna

Dizaman yang semakin modern, kebutuhan akan transportasi sudah tentu menjadi satu hal yang diantisipasi terlebih untuk masyarakat yang tinggal jauh dari pusat kota dan bekerja di pusat kota yang dikenal dengan sebutan “Commuter”. Mereka selalu memilih naik KRL  atau Commuter Train setiap harinya, bertatap muka dengan para penumpang sesama commuter seakan mereka sudah saling mengenali dan mengingat wajah satu sama lain. Namun bagaimana jika perjalanan dalam KRL tersebut menjadi sebuah ajang pertaruhan nyawa setelah bertemu orang yang tidak mereka kenal?

Setelah bekerjasama dalam “Unknown” (2011) ,”Non Stop” (2013) dan “Run All Night” (2015) , sutradara Jaume Collet-Sera dan aktor kawakan Liam Neeson kembali bereuni dalam film action “The Commuter” yang naskahnya ditulis oleh Byron Willinger dan Phillip de Blasi dan menghadirkan para cast seperti Vera Farmiga, Patrick Wilson, Jonathan Banks,Elizabeth McGovern, Dean Charles-Chapman,Florence Pugh,Clara Lago, Kingsley Ben-Adir, Killian Scott, Letitia Wright,Kobna Holdbrook-Smith,Rolland Moller, Shazad Latif,Colin McFarlane dan Pat Kiernan.

Michael McCauley adalah seorang sales dari sebuah perusahaan asuransi yang tengah menghadapi krisis finansial setelah Ia mengetahui anaknya, Danny akan segera masuk universitas. Perasaan gundah semakin menyelimuti pikiran Michael setelah Ia diberhentikan dari pekerjaannnya. Ketika menaiki Kereta North Hodge dalam perjalanan pulang, Michael dihampiri seorang wanita misterius bernama Joanna yang memberikan sebuah tugas sederhana kepadanya untuk mencari seorang penumpang dengan kode sandi “Prynne” dan mengambil apa yang ada di dalam tasnya. Imbalan tentu ada. Namun ketika Michael menyetujui, Ia tidak menyadari bahwa nyawanya, nyawa keluarganya dan seluruh penumpang dalam kereta North Hodge berada dalam bahaya.

Siapa sebenarnya penumpang berkode sandi “Prynne” tersebut?

Apa yang ada di dalam tas Prynne sampai Joanna menginginkannya?

REVIEW:

Berdurasi 105 menit, “The Commuter” mengambil plot sederhana seperti film yang digarap Sera sebelumnya apalagi kalau bukan “Non Stop”. Permainan mencari sang penumpang dibuat penuh ketegangan berkat naskah yang ditulis oleh Willinger dan de Blasi. Awal film, penonton dihadapkan dengan sosok Michael yang mengalami perubahan mood. Liam Neeson yang sudah berusia 65 tahun ini sudah pernah mengatakan ingin pensiun dari film genre action, namun “The Commuter” seperti menelan ludah Neeson sendiri. Pasalnya, Ia menampilkan akting yang jauh lebih baik dari ketika Ia dalam “Non Stop”. Berperan sebagai seorang ayah,suami juga seorang penumpang yang diintimidasi oleh seorang wanita misterius, penonton dapat melihat raut wajah Neeson yang masih memiliki kharisma dan tentunya tetap garang serta badass. Dan kembali , telepon menjadi alat komunikasi yang selalu ada dalam tiap film aksi yang dimainkan oleh Neeson. Pergerakan scene yang terbilang cepat bergeser ditutup dengan kejutan demi kejutan mengenai apa yang sebenarnya diincar oleh Joanna dan hubungannya dengan Prynne. Cinematografer Paul Cameron mengemas adegan fighting yang sempit di dalam gerbong kereta menjadi sangat menegangkan terlebih dengan perputaran angle kamera. Vera Farmiga sendiri disini menjadi sosok yang tidak terduga. Ekspresi wajahnya dapat mengintimidasi penonton bahkan ketika hanya suaranya saja yang terdengar, Farmiga memunculkan kesan sebagai villainness yang pintar memanipulasi targetnya. Patrick Wilson yang memerankan Detective Alex Murphy pun menyuguhkan shocking dan twist yang tak terduga oleh para penonton jelang akhir film. Dimana ada action ,sudah pasti ada ledakan,bukan? “The Commuter” sudah membuka awal tahun dengan ledakan dan kehancuran property gerbong kereta yang massive meskipun scoring dari Roque Manos hanya sesuai di beberapa scene.

“The Commuter” adalah sebuah contoh lain dimana manusia ketika terdesak dapat mengambil resiko yang tanpa Ia sadari mempengaruhi lingkungannya. Bersiaplah untuk sebuah perjalanan dalam Commuter Train yang menegangkan.penuh kejutan dan shocking twist jelang akhir film.

4 dari 5

 


Written by Shadow

Ordinary College Student, Anime Freak, Movie is my Passion