REVIEW: KAMEN RIDER: HEISEI GENERATIONS FOREVER (2019): Sweet,Epic yet Nostalgic Farewell To All Heisei Kamen Rider That Satisfying The Fans!

REVIEW: KAMEN RIDER: HEISEI GENERATIONS FOREVER (2019): Sweet,Epic yet Nostalgic Farewell To All Heisei Kamen Rider That Satisfying The Fans!

“As long I remember them, Riders are real!”- Ataru Hisanaga

Siapapun pasti punya tokoh idola. Entah mereka nyata atau tidak, yang jelas mereka bisa membuat kita tersenyum sekaligus melupakan masalah kita sejenak. Terkadang, kita ingin lari dari kenyataan dan memilih masuk alam mimpi dengan harapan dapat berjumpa dengan tokoh yang kita idolakan tersebut. Namun bagaimana jika tokoh idola kita sebenarnya hanya fiktif saja dan mereka tidak nyata?

Era Heisei segera berakhir pada 30 April 2019. Masa pemerintahan Kaisar Akihito tersebut juga menandakan berakhirnya Kamen Rider di era Heisei yang ditutup dengan Kamen Rider Zi-O yang tengah tayang di Jepang. Feat Pictures bekerjasama dengan Purple Plan Entertainment,SG (distributor Kamen Rider: Heisei Generations Forever untuk wilayah Asia Tenggara mencakup Indonesia, Singapura dan Malayisa) akhirnya mengabulkan permintaan para fans Tokusatsu terutama Kamen Rider dengan menayangkan Kamen Rider: Heisei Generations Forever yang merupakan fiilm penutup dari Trilogy “Heisei Generations” yang diawali oleh “Heisei Generations: Dr.Pacman vs Ex-Aid & Ghost with Legend Riders” (2016) dilanjutkan Heisei Generations FINAL: Build & Ex-Aid with Legend Riders (2017)” serta menjadi Movie War kesepuluh dan terakhir untuk era Heisei.

“Kamen Rider: Heisei Generations Forever” menghadirkan kembali para cast dari serial Kamen Rider Build seperti Atsuhiro Inukai, Akaso Eiji, Kouhei Takeda, Kensei Mikami dan Takada Kaho dengan para cast dari serial Kamen Rider Zi-O yakni So Okuno, Gaku Oshida, Shieri Ohata, Keisuke Watanabe dan Katsuhisa Namase bersama cast lainnya seperti Shunsuke Daito,Nayuta Fuyuzaki,Taiyo Saito dan Kenichi Takito sebagai voice-cast dari Futaros. Movie ini juga kembali melibatkan Takamasa Suga, Toshiki Kashu, Masahiro Inoue dan Shun Nishime sebagai voice-cast dari Kamen Rider Ryuki,Kamen Rider Agito, Kamen Rider Decade dan Kamen Rider Ghost. Dari seri Kamen Rider Den-O, kembali dilibatkan Toshihiko Seki,Koji Yusa,Masaki Terasoma dan Kenichi Suzumura sebagai voice-cast keempat Imagin yakni Momotaros, Urataros, Kintaros dan Ryutaros. Kenjiro Ishimaru kembali memerankan Owner dari DenLiner dan special appearance dari Takeru Satoh sebagai Ryotaro Nogami. Dari seri Kamen Rider W, Hiroshi Doki kembali memerankan Master of Fumen.

Heisei Generations Forever sudah dirilis di Jepang pada 22 Desember 2018 dan menjual 313.000 tiket dengan pendapatan 389 juta yen (sekitar US $ 3,5 juta). Film ini akhirnya menghasilkan 1 miliar yen (sekitar US $ 9,11 juta) setelah 12 hari.

Kamen Rider ternyata hanyalah sebuah acara TV biasa dalam universe baru yang ditinggali oleh Kiryu Sento/Kamen Rider Build dan Tokiwa Sougo/Kamen Rider Zi-O . Ingatan partner mereka semua digantikan oleh orang-orang biasa. Saat itu, Super Time Jacker bernama TID berniat menghapus sejarah KAMEN RIDER dimulai dari Kuuga. Tid mengutus ANOTHER W/Double dan ANOTHER DEN-O untuk mengejar seorang anak bernama Shingo. Disisi lain, ada Ataru, seorang anak yang meragukan eksistensi Kamen Rider.  Sedangkan Sento berjumpa dengan Shingo, seorang anak kecil yang mengidolakan dapat bertemu dengan Kamen Rider Kuuga yang ternyata dikejar oleh Tid. Nantinya, Sougo dan Sento akan pergi ke Kuriogatake Mountain, tempat dimana Arcle, belt dari Kuuga ditemukan dan disitulah musuh sebenarnya menanti mereka dimana pertarungan besar demi menyelamatkan sejarah Heisei Rider ditentukan.

REVIEW:

Kyohei Yamaguchi, yang juga menyutradarai serial Kamen Rider Zi-O menyajikan sebuah bentuk nostalgia yang menghibur para fans Kamen Rider sekaligus perpisahan yang manis dengan naskah yang ditulis oleh Kento Shimoyama yang menjadi kepala penulis utama serial Kamen Rider Zi-o dengan menyisipkan easter egg, plot yang mudah diikuti oleh non-fans Kamen Rider dengan bumbu komedi yang pas dan adegan aksi yang eksplosif. Alur nya sendiri menggunakan alur maju-mundur dengan flashback. Tid, karakter antagonis yang diperankan oleh Shunsuke Daito ini benar-benar tampil mengintimidasi. Daito menunjukkan ekspresi seseorang yang sangat berambisi untuk menghapus sejarah Heisei Rider. Para fans Kamen Rider juga akan dikejutkan dengan beberapa scene yang dijamin bakal membuat kalian bengong.

Ketika memasuki pertengahan film,fans akan diaduk emosinya oleh kemunculan para cast dari Den-O dengan quote yang cukup dalam dari Momotaros. Saya sendiri hampir menangis di scene ini. Dan ketika semua Heisei Rider bermunculan, disitulah titik puncak dari Heisei Generations Forever. Melihat kembali mereka semua membangkitkan nostalgia juga cinta kita kepada mereka yang menemani para fans selama 18 tahun. Satu yang cukup menjadi ikon dari setiap movie Kamen Rider adalah final fight yang selalu tersaji dengan eksplosif.

Disini, final fightnya benar-benar siap membuat kalian menangis bahagia bisa menjadi bagian dari fans Heisei Kamen Rider.Untuk momen komedinya, Kouhei Takeda dan Akaso Eiji sebagai Kazumi Sawatari dan Banjo Ryuga masih cukup mendominasi dengan raut muka serta dialog yang cukup membuat penonton tertawa terbahak-bahak bahkan Kazumi sampai dijadikan bahan candaan di satu scene yang menurut saya, cukup lucu dengan easter egg.

Menutup era Heisei dengan manis, penuh nostalgia serta pertarungan akhir para Heisei Rider yang eksplosif, Kamen Rider: Heisei Generations Forever menjadi sebuah salam perpisahan dari para Heisei Kamen Rider kepada para fans yang sayang untuk dilewatkan. Tontonlah di bioskop dan rasakan saat-saat dimana kalian mengidolakan Kamen Rider yang kalian jadikan idola.

5 dari 5

Kamen Rider: Heisei Generations FOREVER tayang mulai 17 April 2019 di CGV Cinemas,Cinemaxx Theater dan FLIX Cinema.


Written by Shadow

Ordinary College Student, Anime and Tokusatsu Freak, Movie is my Passion