REVIEW: GOLDEN SLUMBER (2018): Dangerous and Thrilling Cat and Mouse Games With An Unexpected Twist!

REVIEW: GOLDEN SLUMBER (2018): Dangerous and Thrilling Cat and Mouse Games With An Unexpected Twist!

“The world is not like what you thought”- Moo-yeol

Siapapun pasti ingin menjalani kehidupan normal. Pekerjaan yang terbilang “biasa” namun dinikmati terkadang membuat kita bisa menikmati hidup. Di zaman sekarang ini, banyak orang biasa yang menjadi terkenal hanya karena melakukan sebuah hal yang dilihat oleh publik sebagai suatu hal yang sangat heroik sehingga mereka bisa saja diberi gelar Warga Teladan dan menjadi panutan. Namun bagaimana jika image yang sangat terpandang tersebut berubah drastis menjadi image buruk dimata publik ?

CJ Entertainment kembali dengan karya terbarunya yang bergenre action dibalut thriller “Golden Slumber” yang merupakan remake dari versi Jepangnya yang dirilis 2010. Film ini merupakan adaptasi novel karangan Kotaro Isaka. Remake “Golden Slumber” yang disutradarai Noh Dong-seok ini menghadirkan Gang Dong-won, Kim Eui-sung, Kim Sung-kyun, Kim Dae-myung, Han Hyo-joo, Yoon Kye-sang,Lee Hang-na,Park Hoon, Kim Jae-young,Jo Young-jin,Jung Jae-sung,Jeong Hyeong-seok,Baek Bong-ki,Lee Sang-hee,Yum Hye-ran,Yoo Jae-myung dan menghadirkan cameo dari Lee Jun-hyeok, Jung So-min,Choi Woo-sik,Kim Yoo-jung dan Namgoong Yeon. “Golden Slumber” dirilis di Korea Selatan pada 14 Februari 2018 dan per 8 Maret, film ini sudah ditonton di Korea sebanyak¬†1,384,195 penonton. CBI Pictures kembali menjadi distributor film ini untuk Indonesia.

Kim Gun-woo adalah seorang kurir biasa yang mendapat sanjungan ketika dirinya berhasil menyelamatkan idol Soo-ah dari serangan perampok. Hal tersebut membuatnya mendapat gelar sebagai “Warga Teladan” dan disanjung banyak orang bak selebritis. Ditengah hal tersebut, Gun-woo bertemu dengan teman lama sekaligus member bandnya, Moo-yeol. Ditengah reuni tersebut, mobil yang memuat kandidat presiden dari partai Nasional Liberal, Yoo Young-gook meledak sekaligus menewaskannya. Moo-yeol mengejutkan Gun-woo bahwa ini semua adalah rancangan/rencana Agensi untuk menjadikan Gun-woo sebagai pelakunya. Gun-woo yang tidak tahu apa-apa harus berjuang bertahan hidup sambil berlari terus menerus menghindari kejaran pihak berwajib dengan banyak bukti yang mengarah kepadanya. Ditengah usahanya tersebut, muncul Mr.Min yang memiliki rencana dengan Gun-woo.

Siapa yang menjebak Gun-woo?

Siapa Mr.Min? Apa yang akan dilakukannya terhadap Gun-woo?

Berhasilkah Gun-woo membersihkan nama baiknya?

REVIEW:

Nampaknya fenomena remake bukan lagi monopoli Hollywood. Kali ini giliran Korea yang melakukan hal tersebut dengan “Golden Slumber”. Berdurasi 108 menit, jika dibandingkan dengan versi Jepang yang berdurasi 139 menit, Noh Dong-seok selaku sutradara mampu menjadikan remakenya ini benar-benar melebihi versi Jepangnya. Meskipun ada beberapa perubahan mulai dari korban ledakan dimana versi Jepangnya merupakan perdana menteri, hal tersebut tidak mengurangi remake dari Golden Slumber kehilangan apa yang menjadi sajian utamanya. Ya, kejar-kejaran ala Jason Bourne dan permainan kucing dan tikus yang berbahaya mendominasi sepanjang film. Berbeda dari versi Jepang yang antiklimaks, remakenya kali ini menyajikan ending yang memuaskan serta twist-twist yang membuat penonton akan tetap terjaga dikursi mereka masing-masing. Konflik dalam film ini juga cukup menguras emosi ketika Gun-woo menghadapi dilema antara harus percaya atau tidak kepada salah satu teman lama yang mencoba membantunya. Tidak hanya itu, “Golden Slumber” memperlihatkan betapa media dapat menjadi pisau bermata dua yakni bisa membuat orang menjadi naik pamornya atau justru menjatuhkan orang tersebut tanpa bukti yang jelas. Gang Dong-won sebagai Kim Gun-woo berperan sangat baik sebagai seorang kurir yang merasa dirinya tidak istimewa. Dong-won yang berusia 37 tahun tidak terlihat tua bahkan wajahnya masih mampu membuat penonton wanita mengaguminya. Kekikukan dan kepolosan Dong-wook sebagai Gun-woo juga membuat penonton tertawa dibeberapa scene. Kim Eui-sung yang berperan sebagai Mr.Min juga tampil baik dengan ekspresi tegasnya ditambah betapa badassnya dia dalam action scene jelang akhir film. Sebagai pemanis, Han Hyo-joo yang memerankan Sun-young yang merupakan cinta pertama Gun-woo tampil dengan ekspresi menarik. Yang menarik, Golden Slumber yang merupakan judul lagu dari band legendaris The Beatles ini dinyanyikan dalam dua versi yakni versi Lee Hi yang lembut dan menenangkan serta Kang Seung-yoon (WINNER) yang karakter vokalnya kuat dan penuh emosi.

“Golden Slumber” tidak hanya memperlihatkan betapa kejamnya konspirasi dalam politik tetapi juga mengajarkan kita untuk tidak mudah percaya kepada orang lain. Ada kalanya kita bersikap ragu-ragu karena kita tidak pernah tahu siapapun yang berada di dekat kita bisa memiliki maksud buruk seperti memanfaatkan kita,bukan?

4 dari 5

 

 


Written by Shadow

Ordinary College Student, Anime Freak, Movie is my Passion