REVIEW: DETECTIVE CONAN: THE CRIMSON LOVE LETTER (2017)

REVIEW: DETECTIVE CONAN: THE CRIMSON LOVE LETTER (2017)

“Because if you let go of this hand, I won’t forgive you” (smiling)- Hattori Heiji

Directed by: Kobun Shizuno

Script Written by: Aoyama Gosho

Seiyuu: Kappei Yamaguchi,Minami Takayama, Wakana Yamazaki,Rikiya Koyama,Ryo Horikawa,Yuko Miyamura,Megumi Hayashibara,Yukiko Iwai,Naoko Matsui,Kenichi Ogata, Ikue Ootani,Matsuko Katsuki, Kazuhiro Yamaji,Daisuke Ono,Satsuki Yukino,Norio Wakamoto,Masaki Terasoma,Daisuke Miyagawa, Riho Yoshioka,

Memendam perasaan kepada orang yang sudah bersama kita sejak kecil? pasti rasanya aneh apalagi jika sampai sekarang keduanya masih bersahabat. Kerinduan untuk mengungkapkannya terasa membuat dada sesak. Namun bagaimana jika seseorang yang dekat dengan orang yang kita sukai tiba-tiba muncul dan merasa ini merupakan takdir baginya bahwa orang yang kita sukai itu adalah calon pasangan kita kelak? Apa reaksi kita mendengar hal tersebut?

Franchise “Detective Conan” kembali dengan movie terbarunya yang kali ini menghadirkan pasangan lain yang juga menjadi favorit fans, Heiji Hattori dan Kazuha Toyama dalam “Detective Conan: The Crimson Love Letter/Meitantei Conan: Kara Kurenai Love Letter”,yang merupakan movie ke 21 dari franchisenya. Penyutradaraannya kembali dipercayakan kepada Kobun Shizuno yang mengarahkan Movie 20, “Detective Conan: The Darkest Nightmare”. Movie dari franchise komik karangan Aoyama Gosho ini sendiri sudah rilis di Jepang 15 April 2017 dan mencatat rekor mengesankan dengan pendapatan di awal rilisnya yang mencapai 6,35 juta yen, mengalahkan pendapatan “Detective Conan: The Darkest Nightmare” yang meraup 6,33 juta yen di awal minggu perilisannya. Turut bergabung dalam movie ini komedian Jepang , Daisuke Miyagawa dan aktris muda Riho Yoshioka sebagai seiyuu (pengisi suara) dari karakter Koji Sekine dan Mikiko Hiramoto. Movie ini juga menjadi debut dari karakter Momoji Ooka (muncul di akhir kasus Nue dalam komik volume 91).

Bersetting di prefektur Kansai, Osaka dan Kyoto semua berawal dari kunjungan Kogoro Mouri,Conan Edogawa,Ran Mouri bersama Genta Kojima, Mitsuhiko Tsuburaya dan Ayumi Yoshida ke Nichiuri TV untuk mewawancarai juara bertahan Satsuki Cup, Toshiya Yajima. Disana juga hadir Heiji Hattori dan Kazuha Toyama bersama teman sekolahnya Mikiko Hiramoto,anggota klub Karuta dari SMA Kaihou dimana Kazuha juga tergabung di klub tersebut. Ditengah rekaman langsung, terjadi ledakan bom di Nichiuri TV yang membuat Heji Hattori dan Kazuha Toyama terjebak. Namun itu adalah awal dari misteri yang harus dipecahkan oleh Conan Edogawa bersama Heiji Hattori setelah mengetahui bahwa Yajima Toshiya ditemukan tewas di rumahnya yang bergaya Jepang di Arashiyama,prefektur Kyoto dengan banyak karuta bertebaran disekitar jenazah Yajima. Disisi lain, Kazuha menerima tantangan Momiji Ooka, pemain Karuta dari SMA Kyoto yang mengaku sebagai “tunangan” dari Heiji untuk bertarung dalam “Satsuki Cup” yang menggunakan karuta “Hyakunin Isshu” (100 puisi cinta Jepang kuno yang ditulis 100 pujangga puisi)

Apakah Conan dan Heiji dapat mengungkap kedua peristiwa yang saling berhubungan tersebut? Siapa pelaku yang menghabisi nyawa Yajima? Siapa yang melakukan teror bom di Nichiuri TV ?

Bagaimana Aksi Kazuha menghadapi Ooka Momiji? Benarkah Momiji merupakan “tunangan” dari Heiji?

REVIEW:

Setelah menampilkan adegan aksi dan juga kemunculan Rena Mizunashi, Tooru Amuro dan Shuichi Akai dalam “Detective Conan: The Darkest Nightmare”, Di “Detective Conan: The Crimson Love Letter”, awal film adegan aksi sudah ditampilkan kembali lewat Conan dan gadget andalannya. Oh iya, ada baiknya sebelum menonton, kami menyarankan kalian untuk membaca sedikit tentang Karuta,Hyakunin Isshu karena dalam movienya, akan banyak pertarungan Karuta. Untuk bagian misteri atau kasusnya, kali ini kasusnya terbilang “staright forward” dan tidak bertele-tele. Korban ditemukan, investigasi dilakukan sampai pada kesimpulan pelakunya. Tidak berbelit-belit dan minim tersangkanya.

Kehadiran Ooka Momiji sendiri menambah tensi dan konflik terutama kepada Kazuha Toyama. Terlihat jelas bahwa Kazuha merasakan sesuatu terhadap Heiji. Kogoro Mouri masih akan membuat penonton tertawa lewat kelakuannya juga para teman-teman Conan yang tergabung dalam “Grup Detektif Cilik” yakni Genta,Ayumi dan Mitsuhiko juga siap membawa tawa. Inti dari film ini benar-benar cukup memperlihatkan betapa cinta pertama akan sangat berkesan. Karena movie kali ini berfokus pada Heiji, maka porsi adegan aksinya cukup banyak ditambah flashback yang diambil dari komiknya makin membuat fans bernostalgia akan momen-momen yang sudah dilewati oleh pasangan yang disingkat “HeiKazu” ini. Tidak ketinggalan kemunculan kembali seorang inspektur polisi yang selalu membawa tupai, Fumimaro Ayanokoji siap membuat fans dari inspektur yang terkenal  kalem ini bersorak.

OST yang dipercayakan oleh Mai Kuraki “Togetsukyo-Kimi Omofu” mengalun dengan irama klasik ala Jepang yang menambah suasana mellow ketika film ini berakhir. Meski banyak plothole dan hal-hal yang cukup “aneh” dalam movienya, “Detective Conan: The Crimson Love Letter” masih mampu memanjakan para fans setia Detective Conan. Jangan lupa untuk tidak segera beranjak karena epilog dari movie ini akan muncul setelah credit title berakhir diiringi OST tersebut ya 🙂

4/5


Written by Shadow

Ordinary College Student, Anime Freak, Movie is my Passion