REVIEW: CREED II (2018): A Sequel That Expand Rocky Universe And Not Just For Nostalgia Only!

REVIEW: CREED II (2018): A Sequel That Expand Rocky Universe And Not Just For Nostalgia Only!

0 Shares

Round after round, you learn more about yourself. And when I stepped in that ring, it wasn’t all about me.“-Adonis Creed

Harga diri, kebanggaan merupakan hal utama yang dipikul oleh seorang atlet terutama jika ternyata Ia masih memiliki hubungan dengan keluarganya. Nama keluarga menjadi sebuah pertaruhan karena apa yang dilakukan salah satu anggotanya entah itu prestasi atau kontroversi yang dibuatnya sehingga mereka yang melanjutkan jejak pendahulunya akan merasakan beban yang sangat berat. Tetapi, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa mereka tetap memiliki orang-orang yang mendukung mereka dari belakang.

Sukses mengejutkan dengan “Creed” (2015), Michael B.Jordan kembali dalam sekuel yang merupakan spin-off dari Rocky Balboa ini bertajuk “Creed II”. “Creed II” juga menghadirkan kembali Tessa Thompson,Wood Harris dan Phylicia Rashad bersama para cast baru seperti Florian Munteanu, Andre Ward, Milo Ventimiglia, Russell Hornsby serta Dolph Lundgren yang mengulangi perannya sebagai Ivan Drago seperti yang terlihat dalam “Rocky IV” (1985). Film ini telah dirilis di Amerika pada 21 November 2018 dan diproduseri serta ditulis screenplaynya oleh Stallone bersama Juel Taylor.

Tiga tahun setelah kekalahannya terhadap Ricky “Pretty” Conlan, Adonis Creed perlahan namun pasti mulai meraih kemenangan sampai meraih gelar juara WBC World Heavyweight Championship. Namun, tiba-tiba datang tantangan dari Viktor Drago, anak dari musuh bebuyutan Rocky Balboa yang juga menewaskan Apollo Creed, ayahnya 33 tahun yang lalu. Rocky yang tidak setuju dengan tantangan tersebut membuat Adonis kesal ditengah kehidupan berkeluarganya bersama Bianca yang tengah mengandung. Beban ada di pundak Adonis seiring nama “Creed” yang diembannya dari sang ayah.

Akankah Adonis mampu mengalahkan Viktor Drago?

Bagaimana hubungan Rocky Balboa dan Adonis selanjutnya?

REVIEW:

Berdurasi 130 menit, pergantian sutradara dari Ryan Coogler ke Steven Caple Jr. ini ternyata malah membuat Creed II menjadi sebuah drama berbalut sport yang penuh tensi. Caple mampu mengarahkan adegan -adegan yang melibatkan Rocky Balboa dan Adonis Creed dengan sangat matang seiring performa akting Michael B.Jordan dan Sylvester Stallone yang semakin kuat chemistrynya tersebut. Di sisi lain, cerita yang digagas oleh Sascha Penn dan Cheo Hodari Coker benar-benar menguras emosi terlebih tentang bagaimana keluarga menjadi hal yang lebih penting dari sekedar meraih kejayaan diatas ring seperti yang terjadi pada Adonis. Dolph Lundgren meski sudah berumur masih mampu memberikan aura antagonis yang kali ini dipasangkan dengan Florian “Big Nasty” Munteanu dengan sangat baik. Lundgren sebagai Ivan Drago mampu memberikan konflik moral kepada Adonis dan mewariskan dendamnya kepada sang anak. Florian sendiri menunjukkan kualitas aktingnya sebagai rival Adonis yang sepadan.

Konflik keluarga Adonis sendiri cukup membuat penonton terbawa emosinya pasalnya seperti yang sudah disinggung diatas, Adonis yang terpecah antara obligasinya sebagai seorang ayah sembari mengejar mimpinya menjadi petinju terkenal seperti almarhum sang ayah, Apollo benar-benar ditunjukkan. Tessa Thompson yang memerankan istrinya, Bianca pun mengimbangi tensi dengan akting seorang istri yang mendukung suaminya tersebut.

“Creed II” dapat dibilang lebih layak menjadi Direct Sequel dari apa yang terjadi dalam “Rocky IV” (1985). Footage dari Carl Weathers dalam perannya sebagai Apollo Creed dijamin akan membuat penonton yang telah lama besar dengan menyaksikan seluruh film Rocky merasakan kembali aura nostalgia. Adegan fight one on one di atas ringnya juga masih mengandalkan one shot dengan intensitas score yang digarap Ludwig Goransson. Sebagai pengiring, OST dalam “Creed II” lebih bertema Rap dan Hip-Hop yang cukup membuat mood boosting serta semangat yang digarap Mike Will Made-It bersama para rapper kondang lain seperti Nicki Minaj,2 Chainz, Lil Wayne, Kendrick Lamar sampai Pharrell Williams pun diajak untuk berkolaborasi. Dan nampaknya Sylvester Stallone siap membuat RCU: Rocky Cinematic Universe dengan kejutan yang ada dalam film ini.

4,5 dari 5

 

 

0 Shares

Written by Shadow

Ordinary College Student, Anime Freak, Movie is my Passion