REVIEW: Aquaman (2018)

0 Shares

Synopsis:

Arthur Curry (Jason Momoa) adalah seorang half  breed persilangan antara manusia Atlantis penghuni dasar laut dengan penghuni daratan. Saudara tiri nya, Prince Orm (Patrick Wilson), penerus tahta Atlantis sedang membentuk aliansi antar penduduk lautan untuk menyatakan perang dengan penghuni daratan. Untuk ini, Mera (Amber Heard) dan Valko (Willem Dafoe), dua petinggi Atlantis, mengajak Arthur untuk merebut tahta Atlantis dari saudara tirinya, karena itulah satu- satunya jalan untuk menghentikan perang besar. Namun Orm dibantu oleh seorang bajak laut yang menyebut dirinya Black Manta (Yahya Abdul- Mateen II), yang memiliki dendam pribadi dengan Aquaman, sebutan publik untuk Arthur Curry.

Review:

Ketidak jelasan DCEU dalam mempersiapkan kontinuitas DCEU menjadi sebuah momok yang kerap dijadikan bahan gunjingan, baik dari kubu lawan, maupun dari moviegoer awam sekalipun. Pasalnya, kebanyakan film DCEU yang sudah ditayangkan tidak mendapatkan respon positif dari kritikus. Beda dengan kubu seberang, yang sudah lebih dulu melahirkan belasan film yang sudah mencapai fase 3 sekarang ini. Beberapa fans pun menjadi pesmisi dengan kelanjutan mimpi basahnya yang kadung setengah menjadi nyata ini. Namun angin segar mulai hadir kala Wonder Woman mendapat respon positif dari para kritikus. Bahkan sudah dibuatkan sekuelnya.

Apakah kali ini Aquaman juga bisa melanjutkan respon positif tersebut? Secara kualitas saya bisa bilang iya. Penggantian Zack Snyder ke James Wan, menurut saya melahirkan produk yang jauh lebih baik. Pasalnya, meski besar di genre horor, namun Wan mampu membaca selera pasar. Berbeda dengan Snyder, yang meskipun termasuk sutradara unggulan, namun kebanyakan karya- karyanya terlalu segmented. Kembali ke Wan, sutradara ini berhasil menciptakan sebuah mitologi Aquaman dengan apik. Set negeri antah berantah Atlantis patut diacungi jempol. Lengkap dengan monster- monster bawah laut yang satu di antaranya jadi mengingatkan kita akan kaiju Jepang. Movement di bawah lautpun juga disajikan dengan masuk akal. Gerakan penghuni Atlantis yang layaknya orang berenang biasa, lengkap dengan pergerakan rambut yang mengikuti arus (bukan hanya jalan di dasar laut layaknya imajinasi film dengan negeri bawah laut kebanyakan). Bahkan bisa dikatakan dunia Atlantis karya Wan mampu mengungguli dunia Aasgard dari kubu lawan.

Tidak mau kalah dari Snyder, Wan juga terbukti bisa menghadirkan action scene yang cukup mumpuni dan cukup seru. Apalagi cerita, yang cenderung biasa- biasa saja ini, dibumbui dengan secuplik adventure layaknya Indiana Jones dan Lara Croft.

Dari jajaran cast sudah top markotop banget dah pokoknya. Jason Momoa sendiri, semenjak penampilannya di Justice League, sudah berhasil mendapatkan restu dari para fans menjadi Aquaman yang dengan tampilan ala vokalis band heavy metal (bukan… bukan mirip Limbad lho ya)… Amber Heard, aduh biung bikin lemes hati penulis. Apalagi di adegan di mana dirinya tampil wetlook, bisa dikatakan selain Gal Gadot, Amy Adams, dan Margot Robbie, ini salah satu female cast DCEU yang anggun serta tidak miscast (dan gak ketuaan), Patrick Stewart, Nicole Kidman (scene pembuka dengan wajah dimudain yang bikin pria manapun jatuh hati), dan yang terpasti adalah Abdul- Mateen II yang bisa memberikan penampilan archnemesis yang luar biasa. Di samping bad ass bisa terlihat cool. Bahkan bisa menyaingi Ray Fisher, jika dibandingkan dari sama- sama berkulit hitam dan dari jajaran cast kurang terkenal.

Sebagai kata penutup, sebagai fans DC, saya sangat optimis dengan kelanjutan DCEU setelah menyaksikan Aquaman. Dan demi menambah keasyikan menonton, saya sangat menyarankan untuk memilih di studio dengan layar besar (IMAX, starium, atau di studio biasa tapi di theatre 1 atau 2 lah yang biasa layarnya paling besar). (dnf)

Rating:

9/10

0 Shares

Written by Daniel Effendie

I'm just a humble person who happens to love movies. And I love to share my thoughts around movies to others, such as reviews and any other articles. That what drived me to create my own movieblog.... http://themoviegoersblog.wordpress.com/