REVIEW: “22 JULY”

REVIEW: “22 JULY”

0 Shares

Film Bagus di Netflix. Inspiring & Powerful.

Film ini mengangkat kisah nyata, tragedi “Norway Attacks” pada 22 juli 2011, Anders Behring Breivik, seorang white supremacist radikal, teroris sayap kanan yang melancarkan serangan bom di kota Oslo dan pembunuhan massal di summer/youth political camp di pulau utoya, Norway.

Film ini menceritakan dengan cukup detail, awal mula persiapan Breivik, sebelum dan sesudah serangan terror terjadi. Namun fokus film ini lebih ke kisah para survivor dari kejadian tersebut, salah satunya adalah Viljar Hanssen, yang tertembak 5 kali, menjadi buta, dan lumpuh.

Film ini menggambarkan dengan jelas betapa orang radikal penebar terror itu membenci para imigran, keberagaman, dan selalu egois dan delusional dengan visi-visinya mereka. Menariknya bagaimana para survivor itu harus melawan segala kebencian tersebut dengan harapan, dan rasa peduli terhadap sesama. Sang survivor, Viljar Hanssen meskipun trauma, takut, sedih karena kehilangan banyak sahabatnya dalam tragedi ini, namun dia berjuang untuk bangkit, dan menunjukan bahwa radikalisme akan kalah dengan cinta, dan kepedulian dengan sesama.

Saya selalu suka kisah-kisah survivor apalagi film-film based on true story seperti ini. Sang sutradara film ini, Paul Greengrass juga dikenal dengan karya-karyanya film Jason Bourne & Bourne Ultimatum, beliau juga menyutradarai 2 film berdasarkan kisah nyata yang saya suka, yaitu United 93 dan Captain Phillips.

“22 JULY” ini tipe film yang bikin kita mencari tahu / menggoogle setelah menonton, untuk baca dan mencari tahu kejadian sejarah sesungguhnya. Saya sudah nonton 2x tetep berhasil dibuat mewekk … bagus! hahaha!

Jika tertarik cari juga bukunya “One of Us: The Story of a Massacre in Norway — and Its Aftermath” by Åsne Seierstad.

My Personal Rating: 8 / 10

0 Shares

Written by Galih Aristo

Green Gentleman | Urban Walker | Monsterologist | Founder of Pure Ink Creative Studio | Movies Explorer Club | World Mythology Community | Gotham Citizen Club.