Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2018: Ada Yang Berbeda

Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2018: Ada Yang Berbeda

 

 

Xplorers, bukan rahasia jika angka korupsi di Indonesia begitu tinggi. Banyak cara dilakukan untuk mengurangi tingginya angka korupsi tersebut. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), lembaga negara yang begitu gencar melakukan pemberantasan korupsi dengan berbagai cara (red: tidak hanya melakukan Operasi Tangkap Tangan alias menangkap para koruptor) tapi juga melakukan kegiatan-kegiatan penyadaran di kalangan masyarakat tentang bahayanya korupsi.

Film jadi salah satu caranya. Film dianggap sebagai satu medium yang efektif yang dianggap mudah dipahami masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai antikorupsi. Bukan kali ini juga, KPK membangun kampanye gerakan anti korupsi melalui media film. Dan setelah vakum dua tahun terakhir, Anti Corruptin Film Festival (ACFFest) 2018 kembali digelar.

Berbeda dari penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, ACFFest 2018 kali ini menantang para kreator muda untuk membuat proposal ide cerita film pendek dengan tema “ANTI KORUPSI”. Pengajuan proposal sudah dimulai sejak 28 Juni 2018 dan akan ditutup pada 20 Agustus 2018 mendatang.

Nantinya, KPK bersama Jujur Prananto (Petualangan Sherina, AADC, Cintapuccino, Aisyah Biarkan Kami Bersaudara) dan Kamila Andini (The Mirror Never Lies, The Seen and Unseen) akan memilih 7 proposal ide cerita terbaik yang tentunya juga menarik. Proposal terpilih akan mendapatkan dana produksi sebesar Rp20.000.000, mengikuti Movie Camp, Coaching Clinic dari pembuat film profesional, fasilitas online editing di Jakarta dan pendampingan mentor lokal di daerahnya masing-masing saat produksi film.

Produksi filmnya akan berlangsung selama 2 bulan, dari September-Oktober 2018, dan kemudian film yang telah selesai diproduksi akan diputar selama 2 hari sebelum Malam Penganugerahan ACFFest 2018 pada Novermber 2018 di Jakarta.

Jadi, tunggu apa lagi xplorers. Segera bikin proposal ide cerita film pendekmu, isi formulir yang dapat diunduh melalui bit.ly/acffest2018 lalu kirimkan bersama proposal ke alamat surel: acffest.info@gmail.com

 

Semangat berkarya, xplorers!

 

 


Written by Lisa Boy